CARA MENGATASI MASAKAN KEASINAN


Pengalaman Pribadi, Ketika memasak, kebetulan saya menaburkan terlalu banyak garam sehingga makanan jadi terlalu asin. Kemudian saya mencoba mencari beberapa literalur untuk mengatasi masakan keasinan. Dan akhirnya saya menemukan beberapa tips untuk mengatasinya. Berikut ini beberapa Tips jitu yang bisa kita lakukan untuk mengatasi masakan yang terlalu asin:
1.       Tambahkan Kentang
Cara terbaik yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi masakan yang keasinan adalah dengan menambahkan beberapa potong kentang. Namun hal ini hanya berlaku pada beberapa jenis masakan yang cocok untuk ditambah kentang seperti sup, sayur, semur, ataupun rendang. Sesuaikan banyaknya kentang dengan banyaknya masakan agar kentang dapat mengikat rasa asin dengan pas.
2.       Tambahkan Tepung
Tepung atau ragam makanan dari jenis tepung seperti mie bisa kamu tambahkan jika makanan terasa terlalu asin. Misalnya saja ketika kamu membuat suatu adonan yang terasa asin, maka kamu bisa menambahkan tepung ke dalamnya. Begitu juga ketika membuat jenis soto, atau makanan yang bisa dicampur mie karena tepung akan mengikat rasa asin.
3.       Tambahkan Air
Cara yang satu ini bisa kamu lakukan dengan menambahkan air sedikit demi sedikit pada jenis masakan yang memang berkuah. Misalnya saja jenis sop atau sayuran berkuah. Kekurangannya, takaran air bisa membuat hambar keseluruhan rasa karena jadi seperti kurang bumbu sehingga kamu perlu menambahkan lagi beberapa bumbu agar rasanya lebih pas.
4.       Tambahkan Gula
Menambahkan gula pada masakan yang terlalu asin kadang bisa berfungsi dengan baik. Karena gula merupakan penyeimbang rasa asin. Hanya saja, dilihat dari segi kesehatan kandungan dalam masakanmu jadi kurang menyehatkan karena terdapat garam dalam jumlah tinggi sekaligus gula di dalamnya. Apalagi secara otomatis kamu juga perlu memasukkan beberapa bumbu lain juga ke dalamnya.
5.       Perbanyak Bahan Makanan
Cara terbaik lain yang bisa kamu lakukan jika tidak ingin menambahkan air dan gula adalah dengan memasukkan lagi bahan makanan ke dalam masakanmu. Kamu bisa berkreasi dengan memanfaatkan bahan yang ada, atau sengaja meracik lagi bahan tambahan dari masakan yang sedang kamu buat lho Gladis!

Oleh karena itu, selain mencicipi masakan, upayakan selalu berkonsentrasi saat memasak dan taburkan garam sedikit demi sedikit agar rasa yang kamu sajikan bisa pas tanpa harus keasinan.


Previous
Next Post »